Cara Root Dan Pasang TWRP Redmi Note 6 Pro Untuk Pemula



Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Sore, Selamat Malam, silakan sobat pilih berdasarkan waktunya membaca artikel ini, hehe. Kali ini saya akan membagikan artikel bagaimana cara menginstall TWRP dan root Xiaomi Redmi Note 6 yang baru rilis beberapa bulan lalu

Sebenarnya Root digunakan bagi pengguna Xiomay Xiaomi  yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara khusus yang diperlukan, entah itu dengan Laptop atau tanpa Laptop.

Beberapa waktu lalu  Xiaomi memperkenalkan generasi pewaris penerus dari ponsel Redmi Note 5 dengan nama Redmi Note 6 Pro. Namun sebenarnya kedua ponsel ini tidak begitu memiliki perbedaan yang mencolok. Layar dari Redmi Note 6 Pro merupakan IPS LCD dengan bentang 6.26 inci dan resolusi 1080 x 2280 piksel, Redmi Note 6 Pro datang dengan OS terbaru dari Xiaomi, yakni MIUI 10.

Dapur pacu Reno 6 menggunakan Qualcomm Snapdragon 636 dan didampingi oleh GPU Adreno 509. Opsi RAM tersedia ada 3 yakni 3/4/6 GB, sedangkan kapasitas penyimpanan yang tersedia ada dua, yakni 32 dan 64 GB. Di sektor kamera, Redmi Note 6 Pro memakai dual camera baik itu di bagian depan maupun belakang.

Pada kamera belakangnya, dual camera tersebut memiliki resolusi 12 MP PDAF dan 5 MP depth sensor, sedangkan untuk kamera selfie menggunakan kamera dengan resolusi 20 MP dan 2 MP depth sensor. Redmi Note 6 Pro hadir dengan baterai 4000 mAh dan kabarnya sudah siap masuk ke Indonesia bersamaan dengan Mi 8 Lite.

BACA JUGA :  Untuk Pemula, 5 Menit Cara Pasang Twrp Dan Root Xiaomi Redmi Note 5 / Pro


Cara Memasang TWRP di Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel sobat, jadi saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu pada data yang penting.
Karena Redmi Note 6 Pro ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP nya

Buat yang belum tahu, TWRP ialah merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android.

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.


Namun sebelum flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Redmi Note 6 Pro milik sobat dahulu. Silahkan buka Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 6 Pro, kemudian ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci.

Setelah hp kalian sudah UBL (unlock bootloader), silakan download bahan-bahannya :

TWRP Redmi Note 6, ganti namanya jadi ''twrp'' tanpa tanda kutip untuk memudahkan pengetikan      saat proses pemasangan.
Minimal Adb Fastboot download dan install
Noverity, berfungsi sebagai anti bootloop
Magisk
Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah #1. Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Redmi Note 6 Pro, caranya yakni:

Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
Kemudian cari “MIUI Version” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
Kembali lagi ke Settings.
Kali ini di dalam Settings, pilih “Additional Settings” dan cari “Developer mode”.
Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.
Langkah #2. Ekstrak file TWRP kemudian copy file twrp-pocof1.img (TWRP Redmi Note 6 Pro) ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:/Program Files (x86)/Minimal ADB and Fastboot.
PENTING :
PINDAHKAN MAGISK,TWRP, DAN NOVERITY KEDALAM FOLDER ''MINIMAL ADB FASTBOOT UNTUK MEMUDAHKAN INSTALASI''
Langkah #3. Sekarang reboot Redmi Note 6 Pro milik sobat ke mode fastboot, caranya yakni pertama matikan ponsel sobat lalu tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power selama kurang lebih 7 detik, nanti akan muncul logo fastboot seperti ini Hasil gambar untuk logo fastboot

LANGKAH INSTALL :

1. Buka Minimal ADB Fastboot, ketik 2 kali CMD HERE lalu sambungkan hp sobat ke pc/laptop melalui kabel data
2. Ketik fastboot devices untuk melihat apakah hp sudah terdeteksi, jika sudah maka akan muncul kombinasi huruf atau angka sebagai identitas hp sobat

3. Ketik fastboot flash recovery twrp.img 

4. Ketik fastboot boot recovery twrp.img maka hp sobat akan masuk ke TWRP

Sekarang kita lanjutkan dengan melakukan Root pada hp sobat

Langkah #1. Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro akan meminta password, jangan gelisah terlebih dahulu. Klik saja cancel, nanti TWRP akan membuka secara sendiri.

Langkah #2. Kemudian TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, pilih untuk “Keep Read Only”


Keep Read Only
Langkah #3. Kemudian pilih menu “Install”, disana memori internal sobat akan menjadi 0, hal itu wajar. Oleh karena itu kembali lagi ke menu awal TWRP dan pilih “Wipe” lalu “Format Data” untuk mengembalikan memori internal sobat.

Langkah #4. Jika memori internal sobat sudah normal, kali ini kembali lagi ke menu TWRP kemudian pilih “Mount” lalu “Enable MTP”. Setelah itu koneksikan ponsel ke dalam PC dan tunggu hingga PC berhasil mendeteksi ponsel sobat.


Lalu copy file Noverity dan SUperSU/Magisk ke dalam ponsel.

Langkah #5. Setelah selesai, cabut ponsel dan kembali ke menu TWRP lalu pilih “Install” dan pilih file Noverity yang baru saja di copy tadi kemudian pilih “Add More Zip” untuk memilih file SuperSU/Magisk yang juga sudah dicopy tadi.

Jika kedua file sudah dipilih, kali ini “Swipe to Confirm Flash” untuk memluai proses flash.


Memulai Flash
Langkah #6. Setelah proses flash selesai, maka sobat akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro kembali menyala dan hp sobat sudah terpasang TWRP dan sudah root.
Untuk mengeceknya, matikan hp sobat, kemudian tekan tombol power dan tombol volume atas bersamaan, maka hp akn masuk ke mode TWRP.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar

Comments

Popular posts from this blog

Untuk Pemula, 5 Menit Cara Pasang Twrp Dan Root Xiaomi Redmi Note 5 / Pro

Cara Aktifkan Camera 2 Api Lewat Magisk, Ga Sampe 5 Menit